Pengertian dan Proses Perubahan Bahasa

Pada awalnya perubahan bahasa hanya dianggap sebagai variasi bahasa, percampuran dialek yang tumpang tindih, dan bahkan dianggap tidak dapat diamati. Perubahan bahasa juga dikenal dengan evolusi bahasa  pada jangka waktu tertentu dari bahasa yang sederhana menjadi bahasa yang lebih kompleks dengan bebagai variasii, modifikasi, dan ciri khas dari suatu masyarkat tutur. Evolusi juga diasumsikan sebagai bentuk perubahan yang berkelanjutan dari yang rendah, sederhana, kurang baik menjadi kondisi yang lebih kompleks atau lebih baik.


Perlu diketahui bahwa perubahan bahasa tidak selalu menguntungkan, tetapi bisa saja merugikan terhadap suatau bahasa. Perubahan bahasa sama halnya dengan speies yaitu terjadi klasifikasi yang digambarkan dalam bentuk kekerabatan. Misal bahasa Indonesia, Malaysia, dan Brunai termasuk keluarga bahaa Melayu. Selain itu bahasa juga ada yang punah (kata, frasa yang tidak digunakan lagi) beadaptasi, variasi, dan seleksi alam. 

A. Pandangan tradisional

Perubahan bahasa mencakup juga perubahan strutkur bahasa  pada waktu tertentu. Perubahan secara tradisional dibagi menjadi dua yaitu perubahan tradisonal dan perubahan eksternal.

B. Beberapa perubahan bahasa

Perubahan bahasa dapat terjadi juga karenakan beberapa faktor seperti umur, jenis klamin, pekerjaan, dan  kepantasan berbicara. Semakin dewasa seseorang maka konstruksi tindak tuturnya juga akan berubah. Untuk membuktikan perbahan bahasa Labov melakukan penelitian di sebuah pulau Vineyard yang hanya terdiri 6.000 orang. Pulau ini menjadi tujuan wisata dari berbagai negara yang dibuktikan dengan grafik. Lalu apakah faktor usia, etnis, pekerjaan, dan tempat tinggal bisa dibuktikan. Kelompok usia 31-45 menunjukan adanya perkembangan bahasa karena interekasi dengan turis yang datang. Terdapat beberapa diftong yang hampir atau menyatu dengan bahasa turis sebagai upaya solidaritas terahadap turis yang datang. Perubahan ini juga dianggap memilki keuntungan yang jika menyesuaikan dengan bahasa yang sama. Kencenderungan itu lebih besar lagi pada usia lebih muda bahkan meningalkan bahasa yang ada, selain itu, usia muda lebih mudah menyesuaikan bahasa. Hal ini juga sebabkan sebagai bentuk loyalitas tempat dan soidaritas terhadap pentutur di tempat tersebut.

C. Proses Perubahan bahasa

Mekanisme perubahan bahasa bisa terjadi secara sengaja dan tidak disengaja baik dari phonologi dan morphologi. Kenapa salah satu indikator perubahan adalah bunyi karena 1) bunyi fonologi merupakan unsur terkecil suatau bahasa yang mudah dipahami, 2) lebih mudah menemukan fakta yang relevan diabnding tatatran yang lain, 3) kajian bunyi yang mapan karena sudah banyak diteliti, dan 4) perubahan bunyi yang teratur sehingga menjadi indikasi dengan bunyi lain (Hock, 1988:573 dan Gordon, 2002:59). Berikut 13 tahap perubahan phonologi (Labov 1972).

Referensi

LinguistikId. 2016. Pengertian dan Proses Perubahan Bahasa. Diakses dari http://linguistikid.com/pengertian-proses-perubahan-bahasa/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Proses Perubahan Bahasa"

Posting Komentar