Pengertian Masyarakat Tutur dalam Sosiolinguistik

Masyarkat tutur merupakankelompok orang yang mempunyai norma yang sama dalam menggunakan bentuk - bentuk bahasa. Suatu kelompok atau suatu masyarakat mempunyai verbal repertoir yang relative sama serta mereka mempunyai penilaian yang sama terhadap norma norma pemakaian bahasa yang digunakan dalam masyarakat itu, maka dapat dikatakan kelompok orang itu atau masyarakat itu adalah sebuah masyarakat tutur.

1. Bahasa dan Tutur

Ferdinand de Saussure seorang ahli bahasa (1916) dalam buku Abdul Chaer (2010) membedakan antara yang disebut langage, language, dan parole. Ketiga istilah yang berasal dari bahasa perancis itu, dalam bahasa indonesia dipadankan dengan satu istilah, yaitu bahasa. Istilah langage digunakan untuk menyebut bahasa sebagai sistem lambang bunyi yang digunakan manusia untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara verbal dengan sesamanya, atau langage juga disebut bahasa secara umum. Contoh “ Manusia mempunyai bahasa, binatang tidak “. Jadi, penggunaan istilah bahasa dalam kalimat tersebut, sebagai padanan kata langage, tidak mengacu pada salah satu bahasa tertentu melainkan mengacu pada bahasa umumnya, sebagai alat komunikasi manusia, binatang juga melakukan komunikasi, tetapi bukan menggunakan bahasa.

2. Verbal Repertoir

Ferdinand de Saussure membedakan antara langue dan parole, antara bahasa sebagai suatu sistem yang sifatnya abstrak. Dan bahasa dalam penggunaannya secara nyata di dalam masyarakat yang bisa kita sebut tuturan (inggris: speech). Pakar lain chomsky, contoh tata bahasa generatif transformasi menyebutkan adanya kompetensi (inggris: competence) disamping performans. Yang dimaksud kompetensi yaitu kemampuan, yakni pengetahuan yang dimiliki pemakai bahasa mengenai bahasanya. Sedangkan performans adalah perbuatan berbahasa atau pemakaian bahasa itu sendiri dalam keadaan sebenarnya di dalam masyarakat. Komunikatif adalah kemampuan bertutur atau kemampuan untuk menggunakan bahasa sesuai dengan fungsi serta norma norma penggunaan bahasa dengan konteks situasi dengan konteks sosialnya (Halliday 1972:269-293).


Semua bahasa beserta ragam-ragamnya yang dimiliki atau dikuasai seorang penutur ini biasa disebut dengan istilah repertoir bahasa atau verbal repertoir dari orang itu. Berdasarkan luas dan sempitnya verbal repertoir sebuah masyarakat tutur dibagi menjadi dua, yaitu :

1. Verbal repertoire yang dimiliki setiap penutur secara individual, menunjukan keseluruhan alat-alat verbal yang dikuasai oleh setiap penutur, pemilihan bentuk dan norma-norma bahasa sesuai dengan fungsi dan situasinya.

2. Verbal repertoir yang menjadi milik masyarakat tutur secara keseluruhan, menunjukan keseluruhan alat-alat verbal yang ada dalam masyarakat tutur serta norma-norma untuk menentukan pilihan variasi sesuai dengan konteks sosialnya.

3. Mayarakat Tutur

Kalau suatu kelompok atau suatu masyarakat mempunyai verbal repertoir yang relative sama serta mereka mempunyai penilaian yang sama terhadap norma norma pemakaian bahasa yang digunakan dalam masyarakat itu, maka dapat dikatakan kelompok orang itu atau masyarakat itu adalah sebuah masyarakat tutur (inggris: speech community). Jadi, masyarakat tutur bukanlah hanya sekelompok orang yang menggunakan bahasa yang sama, melainkan kelompok orang yang mempunyai norma yang sama dalam menggunakan bentuk bentuk bahasa. Untuk dapat disebut satu masyarakat tutur adalah adanya perasaan diantara penuturnya, bahwa mereka merasa menggunakan tutur yang sama (Djokokentjono, 1982).

4. Bahasa dan Tingkatan Sosial Masyarakat

Pokok pembicaran sosiolinguistik adalah hubungan antara bahasa dengan penggunaanya didalam masyarakat yaitu hubungan antara bentuk-bentuk bahasa tertentu, yang disebut variasi bahasa, ragam, atau dialek dengan penggunaannya untuk fungsi-fungsi tertentu dimasyarakat. Misalnya, untuk kegiatan pendidikan digunakan bahasa baku, untuk kegiatan sehari-hari menggunakan ragam bahasa tak baku, untuk berbisnis ragam usaha, untuk mencipta karya seni digunakan ragam sastra dan lainnya. 

Artikel lengkap tentang pengertian masyarkat tutur sosiolinguistik lihat di sumber: linguistikid.com/masyarakat-tutur-sosiolinguistik/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Masyarakat Tutur dalam Sosiolinguistik"

Posting Komentar