Bahasa Indonesia Berpeluang Menjadi Alat Komunikasi Dunia, Ini Alasan Logis yang Perlu Diketahui

pixabay.com/id/users/syahdannugraha-17421413

Bahasa Indonesia adalah sebuah sarana komunikasi yang paling mudah, karena menggunakan huruf latin dan tidak memiliki aturan yang ketat seperti bahasa lainnya didunia. Banyak orang yang tidak kesulitan untuk mempelajari bahasa ini karena lafadz yang diucapkan sesuai dengan tulisannya.

Hal ini yang menjadi salah satu alasan mengapa bahasa Indonesia dijadikan bahasa persatuan atau bahasa resmi di negara ini. Karena disetiap propinsi mempunyai bahasa daerah masing-masing sehingga diperlukan bahasa yang bisa dijadikan sebagai alat komunikasi yang mudah bagi semua warga negara.

Alasan lainnya karena bahasa ini bagian dari bahasa melayu yang banyak digunakan negara-negara di Asia tenggara, sehingga sangat penting dijadikan alat komunikasi negara-negara di Asia. Hal ini yang menjadi alasan utama mengapa bahasa Indonesia ingin dijadikan bahasa resmi negara-negara ASEAN.

Ternyata bahasa Indonesia juga dipelajari lebih dari 45 negara didunia sebagai bahasa yang komunikatif. Negara-negara didunia sudah mulai mempelajari bahasa ini sebagai pengetahuan kajian linguistik. Banyak juga yang sudah memasukkan bahasa Indonesia sebagai salah satu jurusan di universitas.

1. Jepang
 
Dikawasan Asia timur, negara Jepang sudah mempelajari bahasa Indonesia sudah puluhan tahun lamanya. Hal ini terbukti dengan berdirinya gedung pusat penelitian bahasa Indonesia oleh lembaga Nihon-Indonesia Gakkai atau perhimpunan pengkaji Indonesia seluruh Jepang sejak tahun 1969.

2. Australia

Sedang di kawasan selatan yaitu negara Australia, banyak sekali universitas di negara tersebut yang memiliki fakultas bahasa Indonesia. Di negara kanguru tersebut, bahasa Indonesia sudah berkembang pesat dan terasa akrab sebagai alat komunikasi serta tidak dianggap lagi sebagai bahasa asing.

3. Mesir
 
Di kawasan Afrika utara, negara Mesir juga sudah lama mempelajari bahasa Indonesia sebagai kajian ilmu. Di negara tersebut sudah dibangun gedung pusat studi bahasa Indonesia yang terdapat di Canal Suez University untuk mempelajari semua hal yang berkaitan dengan negara Indonesia.

4. Amerika
 
Negara Amerika juga tidak mau ketinggalan untuk mempelajari bahasa Indonesia, karena sudah banyak universitas disana yang memasukkan bahasa Indonesia kedalam salah satu fakultas nya. Ternyata para pelajar disana juga menemukan sebuah hal yang spesial sehingga mau mempelajari bahasa ini.

5. Vietnam
 
Banyak warga negara Vietnam yang mempelajari bahasa Indonesia terutama dikalangan politisi dan pemerintahan. Hal ini karena banyak sekali buku dari Indonesia tentang pengetahuan yang beredar di negara tersebut. Di negara ini bahasa Indonesia menjadi prioritas utama dalam hal ilmu pengetahuan.

6. Kamboja
 
Negara Kamboja juga tidak mau ketinggalan dengan negara tetangganya Vietnam untuk mempelajari bahasa Indonesia. Belajar bahasa Indonesia hukumnya wajib bagi perwira militer Kamboja, karena mereka membutuhkan ilmu pengetahuan melalui buku-buku dan internet yang berbahasa Indonesia.

Selain itu banyak sekali faktor yang menjadikan bahasa Indonesia bisa berkembang diseluruh dunia, salah satunya banyak sekali dosen yang mengajar di universitas di negara Amerika dari berbagai jurusan. Hal lainnya karena wisatawan yang berkunjung ke indonesia biasanya betah sampai beberapa bulan.

Faktor lainnya adalah banyak tenaga kerja Indonesia yang bekerja diluar negeri seperti Saudi Arabia, Korea Selatan, Hongkong dan Negara lainnya. Klub-klub besar sepakbola di negara Italia seperti Juventus, Inter Milan dan AC Milan juga sudah membuat website yang menggunakan bahasa Indonesia.

Referensi

https://squline.com/berbanggalah-ini-kelebihan-bahasa-indonesia-di-mata-dunia
https://kiat-kita.blogspot.com/2015/02/inilah-15-kelebihan-bahasa-indonesia-di.html
Agung Sejuta
Agung Sejuta Kunjungi channel saya Agung Sejuta ya bro! Ane juga melayani jasa penulisan artikel di Agungnesia.com

Posting Komentar untuk "Bahasa Indonesia Berpeluang Menjadi Alat Komunikasi Dunia, Ini Alasan Logis yang Perlu Diketahui"